Mungkin Anda ingin hafal setiap ayat Alquran, namun belum menemukan metode yang tepat untuk mencapai keinginan itu.

Tribun Jabar yang berkunjung ke pesantren khusus penghafal Alquran di Tasikmalaya mendapat sedikit bocoran metode untuk menghafal 30 juz Alquran dalam waktu 40 hari.

Yandi Fiana alias Bang Jack adalah penggagas “Laskar Langit” pesantren penghafal Alquran yang khusus menerima santri yatim piatu dan duafa di Tasikmalaya. Ia  secara terbuka memberikan beberapa trik dalam penghafalan yang dilakukan di pondoknya.

Oke guys langsung aja yuk simak tips n trik menghafal Alquran 30 juz dalam waktu 40 hari ala pesantren Laskar Langit Tasikmalaya.

Kata Bang Jack metode yang pertama bisa diterapkan saat menghafal Alquran ialah metode “Lupakan”.

“Metode Lupakan artinya lihat, ucapkan, pahami, arti, kaitkan, ayat, nyetor,” katanya, Rabu (23/5/2018).

Ia menjelaskan ketika menghafal yang pertama Anda bisa melihat dan mengucapkan ayat yang tengah anda coba hafal sebanyak 3 kali berulang-ulang.

Lalu, agar mempermudah mengaitkan tiap ayat saat menghafal kita coba ketahui arti setiap ayat.

Dan yang paling penting setiap hafalan, kata dia, penghafal menyetorkan hafalannya setiap hari.

“Dalam sekali menghafal menggunakan metode ini waktu yang diperlukan sekitar 20-30 menit untuk 1 sampai 3 halaman, kuncinya mengalahkan target kemarin dengan setoran hari ini” tuturnya.

Adapun waktu terbaik untuk melakukan hafalan ada 6 golden time sebutnya.

Di antaranya, sebelum salat Subuh maksimal menghafal 5 halaman, bada salat Subuh 3,5 halaman, waktu duha 5 halaman, bada Zuhur 4 halaman, bada Asar 3 halaman, dan bada Magrib 1 halaman.

“Jika setiap hari rutin dilakukan maka penghapal bisa menyetor hafalan sebanyak 22 halaman perhari artinya 144 halaman sepekan,” ujarnya.

Menurut Bang Jack, tantangan bagi penghafal Alquran ialah ketika menjaga hafalannya.

Maka dari itu sebelum menjadi penghafal Alquran yang pertama ialah harus mencintai Alquran. Hal ini ditunjukkan dengan kebiasaan seberapa sering kita mengaji Alquran.

“Tujuan utama, mengubah kebiasaan orang yang tidak ngaji jadi mengaji Alquran,” katanya.

 

 

WhatsApp chat